Ummi Maktum Voice Ingin Berantas Buta Huruf Al-Qur.’an (Bagian II – Terakhir)

0
349

Oleh: Agus Maja

Umi Maktum Voice kini telah bermetamorfosis menjadi Lembaga Swadaya Masyarakat yang bergerak dalam dakwah melalui musik nasyid serta memberantas buta huruf Al-Qur’an braille bagi difabel netra, tentu pantas mendapat apresiasi atas langkah dan program kerjanya selama ini.

Saat diwawancarai, Kang Entang, sebagai pimpinan UMV mengatakan: “UMV mempunyai tiga misi yaitu, sebagai lembaga sosial yang aktif membagikan Al-Qur’an braille, lembaga dakwah melalui group musik nasyid, dan menjadi lembaga mandiri bagi siapapun yang ingin bekerjasama”.

Tidak sedikit kelompok pengajian yang bekerjasama dengan UMV sebagai lembaga mandiri. Entang mengatakan, “Kami mempekerjakan delapan karyawan, dua diantaranya adalah difabel netra. Kami bekerja sama dengan simbiosis mutualisme atau saling menguntungkan. Sebagai contoh, kita bekerjasama dengan majelis taklim di Bekasi untuk pengumpulan dana wakaf Al-Qur’an braille, kemudian mereka berhasil mendapatkan dana sebesar dua ratus juta rupiah, setelah itu mereka berhak mendapat 10% dari dana tersebut yang selanjutnya dipergunakan oleh majelis taklim itu untuk mengadakan acara khitanan masal”.

Baca: Ummi Maktum Voice Ingin Berantas Buta Huruf Al-Qur’an (Bagian I)

Lembaga yang bekerjasama dengan UMV sangatlah banyak antara lain ialah OJK, beberapa karyawan KPK, kepolisian, dan Kemenkumham Jawa Barat. Dengan demikian UMV berhasil menjalankan perannya sebagai lembaga strategis yang berperan aktif untuk memperjuangkan difabel netra.

Sejak 2005, UMV telah membagikan Al-Qur’an braille sebanyak 16.000 buah ke seluruh pelosok Indonesia. Selain Indonesia, negara tetangga seperti Malaysia dan Singapura tak luput mereka bantu. Selain itu, UMV juga mempunyai koordinator yang tersebar di tiap-tiap provinsi atau kabupaten/kota. Dari masing-masing koordinator diberikan dana pembinaan sebesar lima juta rupiah jika berhasil mengajukan dua puluh Al-Qur’an braille yang diajukan kepada UMV. Tentu saja ini sangat membantu penghasilan difabel netra.

Harapan Kang Entang sebagai pendiri UMV ialah “Adanya LSM kami di tengah masyarakat dengan segenap kelebihan dan kekurangannya, semoga bisa menjadi motivasi bagi difabel agar tetap bekerja, terus berkarya, amanah, dan tidak melakukan kemaksiatan yang merugikan akhiratnya ”

Sebagai informasi, LSM Ummi Maktum Voice bisa dikunjungi di kantornya Jln. Pasir Salam No. 31A Bandung, Jawa Barat, 42054. Juga bisa dilihat profilnya di www.umv.org.id, Instagram di @UmiMaktumVoice, dan akun YouTube di Ummi Maktum Voice.