Uji Kompetensi Persiapan Peparnas 2021 Catur Jawa Barat

0
243

Oleh: Sri Hartanti

[Bandung, 5 Oktober 2020] National Paralympic Committee Indonesia (NPCI) Jawa Barat menggelar tes parameter uji kompetensi cabang olahraga catur bagi atlet di provinsi Jawa Barat. Kegiatan ini untuk persiapan pelatihan atlet daerah (Pelatda) menuju Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) ke XVI di Papua.

Uji kompetensi digelar Sabtu (3/10/2020) di aula Persatuan Catur Indonesia (Percasi) komplek GOR Pajajaran Kota Bandung. Kesempatan tersebut merupakan ajang promosi para atlet, dan nantinya akan bergabung sebagai tim pelatda Jawa Barat untuk dipersiapkan ke Papua pada 2021 mendatang.

“Saya berharap kegiatan hari ini para atlet bersungguh-sungguh supaya bisa dipromosikan untuk bergabung di Pelatda NPCI Jawa Barat 2021,” tutur Toni Budi Santoso, S.Pd, Manager Catur NPCI Jawa Barat.

Toni menjelaskan, para atlet yang mewakili enam kota/kabupaten di Jawa barat tersebut ada dua puluh enam atlet, terbagi atas tiga klasifikasi yaitu difabel netra, tuli, daksa. Sementara kuota cabang olahraga catur Jawa Barat hanya delapan belas orang untuk putra dan putri dari keseluruhan klasifikasi.

Ia juga menambahkan, uji kompetensi ini belum final, selanjutnya akan ada kegiatan serupa dalam beberapa tahapan lagi di sekitar Februari atau Maret tahun depan. Para atlet yang kali ini melakukan tes parameter tersebut berasal dari Kota Bandung, Kabupaten Kuningan, Kabupaten Tasik, Kota Tasik, Kabupaten Bekasi, Kota Bekasi.

“Masih akan ada tahapan lagi setelah ini, atlet yang tidak konsisten dapat digantikan,” Toni menegaskan. Dalam kegiatan tersebut hadir pula Asep Darmawan, ketua Pengurus Cabang dan Bidang Cabang Olahraga NPCI Jawa Barat. Ia mengatakan, tes uji kompetensi semacam ini untuk cabang olahraga lain masih dibahas dalam agenda rapat bersama timnya. Namun, tidak memungkiri kegiatan serupa juga akan dilaksanakan untuk cabang olahraga lain.

“Kemungkinan ada untuk cabang olahraga lain mengadakan tes seperti ini, kami masih membahasnya” pungkas Asep.