Turnamen Sepak Bola Tangan Meriahkan HDI 2020

0
189

Penulis: Sri Hartanti

Newsdifabel.com — Kementerian Sosial Republik Indonesia siap menyambut Hari Disabilitas Internasional (HDI). Menteri Sosial Juliari P. Batubara, telah mengumumkan tema nasional untuk peringatan HDI 2020 yaitu “Not All Disabilities Are Visible” (Tidak Semua Disabilitas Bisa Terlihat). Memberi pesan kepada masyarakat terkait keberadaan ragam difabel yang masih sulit disadari dan diketahui khalayak umum.

Hari Disabilitas Internasional (HDI) di masa normal-baru pandemi Covid-19, pemerintah pusat tengah merancang kegiatan secara virtual. Sedikit berbeda dengan kalangan atlet yang sudah mulai beraktivitas, mereka bergeliat melakukan kegiatan yang dikemas dalam sebuah lomba atau pertandingan.

Open turnamen ini digelar dalam rangka memperingati HDI 2020, rencananya akan dilangsungkan tepat di tanggal 3 Desember nanti. Kami masih dalam tahap persiapan,” tutur Iman Santosa, ketua pelaksana turnamen sepak bola tangan.

Ada empat tim yang sudah siap untuk turut meramaikan open turnamen tersebut, di antaranya dari Kota Bandung, Kota Cimahi, Kabupaten Bandung Barat, dan Modif Indonesia. Tidak menutup kemungkinan peserta akan bertambah lagi seiring sosilaisasi yang terus digencarkan.

Baca: WHO: 3 Desember 2020 Satu Hari untuk Semua

Menurut rencana pihak panitia, dalam open turnamen yang sekaligus peringatan hari disabilitas internasional, mereka juga akan mengundang jajaran pemerintahan yang terkait dengan bidang keolahragaan.

“Kami juga akan mengundang Pemerintahan Kota Bandung, Dispora Kota Bandung, dan Dinas Sosial Kota Bandung. Tujuannya, sekaligus memperkenalkan jenis olahraga baru ini kepada jajaran pemerintah,” kata Iman.

Dari pergerakan sosialisasinya, cabang olahraga yang baru diciptakan ini menuai aksi positif dari kalangan masyarakat difabel Jawa Barat. Optimisme terhadap perkembangan sepak bola tangan yang hendak digiring menjadi salah satu cabang olahraga, yang dipertandingkan di kancah paralimpik tingkat daerah 2022 mendatang pun semakin terbuka lebar.

“Harapannya nanti pada hari H pelaksanaan open turnamen dapat berjalan lancar, sesuai dengan tujuan bersama dan mendapat respon positif baik dari masyarakat umum, difabel dan jajaran pemerintah yang menghadirinya,” tutup Iman.