Turnamen Goalball di Yogyakarta Terselenggara dengan Modal Semangat

0
163

Penulis: Zaenal 

Newsdifabel.com — Untuk kedua kalinya turnamen goalball difabel netra digelar di Yogjakarta. Turnamen ini berlangsung dari 8 Desember 2020 untuk pendaftaran dan technical meeting. Kemudian, semifinal dan grand final akan dilaksanakan 29 Desember 2020.

Turnamen yang didukung oleh Yayasan Permata Hati ini diikuti delapan tim, masing-masing beranggotakan empat orang sehingga jumlah keseluruhan menjadi 32 orang. Delapan tim yang ikut serta merupakan gabungan dari dua klub goalball difabel netra. Mereka menamakan klubnya sebagai klub GJR (Goalball Jogja Raya) dan klub Mata Hati.

Pertandingan tersebut berlangsung di GOR Ngampilan, Jalan Letjen Suprapto, dan ini adalah capaian besar para pencinta goalball difabel netra dalam memperkenalkan kepada masyarakat khususnya Yogyakarta bahwa difabel netra memiliki olahraga yang tak kalah seru dari olahraga lain.

Selain itu, dari turnamen ini diharapkan dapat menggali potensi dan bibit dari difabel netra yang baru mengenal goalball. Menurut Aloysius Joko Susanto sebagai ketua panitia penyelenggara mengatakan ada beberapa kendala yang dihadapi pada saat perhelatan ini dilakukan. Di antaranya kurangnya relawan non difabel dalam membantu proses berjalannya turnamen serta kecilnya dana yang digalang guna sarana prasarana, serta hadiah. Namun karena keinginan yang kuat serta semangat dalam memperingati hari disabilitas internasional, turnamen ini bisa berjalan lancar.

Joko berharap agar masyarakat bisa mengenal dan mengakui adanya olahraga difabel netra yang bernama goalball serta ke depannya mampu menyelenggarakan turnamen yang sama di tahun berikutnya dengan lingkup yang lebih luas dan lebih besar.