Turnamen Catur Piala Walikota

0
207

Oleh: Pandu Galih Prakoso

[Bandung, 29 September 2019] Bertempat di GOR Pajajaran, diadakan kegiatan yang bertemakan “Open Turnamen Catur Walikota Cup” yang ke-7. Acara dibuka dengan sambutan pertama dari ketua NPCI Kota Bandung, lalu dilanjutkan dengan perwakilan NPCI Jawa Barat, perwakilan DPRD, dan terakhir oleh wakil Dispora Kota Bandung sekaligus membuka acara.

Pada langkah awal pertandingan dibuka oleh master Samantha Editsho dan Aura Cahyati Alifan, mereka mengungkapkan, “Kita senang bisa mengikuti pertandingan ini karena bisa mengasah kemampuan dan kita tidak boleh sombong walaupun sudah sampai kejuaraan tingkat internasional, karena masih banyak yang lebih hebat. Kita berharap semoga pertandingan ini diadakan setiap tahun dan pesertanya semakin banyak.”

Master Samantha Edithso, seorang gadis kecil, prestasi tertingginya yaitu pertandingan U-10 di Spanyol. Dia mendapat medali emas. Aura Cahyati Alifan prestasi tertingginya adalah pertandingan tingkat Asia U-10 di Bangkok. Aura mendapatkan medali perak.

Dalam pertandingan tersebut dibagi menjadi lima kategori  yaitu master 44 orang, non master 286 orang,  SD, SMP, SMA 70 orang, difabel netra 52 orang, dan non difabel netra ada 22 orang. Total keseluruhan peserta ada 464 orang menurut Jumono selaku ketua panitia dalam kegiatan tersebut.

“Tujuan acara ini untuk silaturahmi para pecatur dan meningkatkan serta mengukur kemampuan atlet dalam pertandingan catur.”

Salah satu peserta dari kategori difabel netra, Viva Permata Donna mengungkapkan, “Pengalaman pertama kali untuk saya mengikuti pertandingan catur ini yang sangat lelah berpikir keras   dan tegang karena lawan yang saya hadapi sudah sangat berpengalaman.”

Mantan model berasal dari Kalimantan ini dengan optimis mengatakan, “Tetapi saya mencoba untuk relax-kan diri karena saya menganggap bahwa pertandingan catur ini adalah sebuah permainan, secara fisik saya merasakan lelah karena dalam satu hari dipacu harus menyelesaikan 8 babak yang cukup rumit. Pengalaman yang luar biasa tetapi menhgasikkan”.

I can’t stop looking for experience and i will always try,” pungkas Donna. (Foto: Muslim)