Tiga Aplikasi Ajaib Untuk Difabel Netral

0
457

Penulis: Siti Latipah

Newsdifabel.com — Perkembangan teknologi untuk difabel netra bagai oase di gurun Sahara. Seperti air jernih di tengah dahaga. Tidak dapat dipungkiri, kemajuannya membawa dampak positif, kepercayaan diri dan kemandirian, contohnya. Berikut tiga aplikasi untuk teman-teman difabel netra.

Dewasa ini, banyak aplikasi pelacak lokasi yang sudah akrab di telinga pengguna. Map kepunyaan google primadonanya. Dengan aplikasi map, orang tidak merasa takut atau khawatir jika harus bepergian ke suatu tempat yang belum pernah diketahui sebelumnya. Map pun bersahabat dengan pembaca layar gawai teman-teman difabel netra. Selain map, ada satu aplikasi pelacak lokasi yang khusus dirancang untuk teman-teman difabel netra. Lazarillo namanya.

Lazarillo GPS For Blind, adalah aplikasi serupa peta elektronik yang dapat menunjukkan suatu tempat atau bangunan populer seperti restoran, ATM, gedung sekolahan, rumah sakit hingga hotel. Dengan mengunduh Lazarillo melalui Google Play Store bagi pengguna android atau app store untuk pengguna i-Phone, teman-teman difabel netra dapat mengetahui tempat apa saja yang dilaluinya saat mereka sedang dalam perjalanan. Lazarillo cerewet sekali. Aplikasi ini jika diaktifkan, akan terus menyebutkan tempat-tempat yang terlalui. Misal, “rumah sakit X 300 meter sebelah kiri,” artinya, 300 meter lagi pengguna akan melalui rumah sakit X. “SD Kembang Mekar, 10 meter sebelah kanan.” dan lain-lain. Dapat juga mencari suatu lokasi dan menunjukkan dimana saat ini pengguna sedang berada.

Tap Tap See. Aplikasi ini untuk menangkap objek lalu dipindai dan dideskripsikan kepada penggunanya. Dengan memanfaatkan kamera yang ada, pengguna dapat membidik suatu objek yang ingin diketahuinya. Atau pengguna juga dapat membidik suatu objek untuk mengetahui warnanya. Sama seperti Lazarillo, Tap Tap See sudah banyak diunduh teman-teman difabel netra penguna android dan iOS.

Selain dua aplikasi di atas, ada lagi, nih. Cash Reader namanya. Dari nama aplikasi ini, kita sudah dapat mengetahui untuk apa fungsinya. Ya, untuk pembaca lembaran uang. Dengan akurat, Cash Reader akan menyebutkan pecahan uang, mulai dari pecahan dua ribuan hingga nominal lembar terbesar, seratus ribu. Aplikasi ini juga memanfaatkan kamera sebagai penangkap objeknya.

Masih banyak aplikasi untuk difabel netra yang terus bermunculan dan dikembangkan selain tiga aplikasi di atas. Dengan teknologi yang ada, dunia ada dalam genggaman teman-teman difabel netra. Tidak ada lagi alasan untuk berpangku tangan. Mari wujudkan lingkungan nyata dan maya yang aksesibel bagi difabel apapun bentuk kedifabelannya. Jika teknologi saja dapat memfasilitasi kemudahan bagi pengguna difabel, lalu, mengapa manusia berindera lengkap terkadang enggan hanya sekadar mengulurkan tangan atau membagi penglihatannya?