Tantangan Para Artis Teater dan Pembuat Film Difabel

0
547

Penulis: Ita Yahrun

Newsdifabel.com — Rachel Handler sedang menjalani mimpinya. Penduduk asli New Jersey yang berada di New York City ini mengejar karir sebagai aktris dan pemain teater musikal. Dia memimpin beberapa proyek besar dalam produksi teater seperti Oklahoma, Kiss Me Kate, My Fair Lady, dan The Music Man.

Pada bulan Maret 2012, Handler berkendara dari Astoria, Queens, ke sebuah audisi di New Jersey. Hari itu hujan, dan dia mengalami kecelakaan dengan kendaraan lain. Dia menepi ke pinggir jalan, keluar dari mobilnya, dan mulai mendiskusikan kejadian itu dengan pengemudi lain. Saat mereka berdiri di sana, mobil lain berputar di luar kendali dan menabrak kedua perempuan itu. Handler kehilangan kakinya karena benturan. Dokter mengatakan, dia tidak mengalami pendarahan karena mobil itu juga menghancurkan sisa kakinya, menghentikannya dari kehilangan terlalu banyak darah.

Dalam sekejap, Handler tak punya kaki,, dan menjadi bagian dari kelompok minoritas terbesar di Amerika: menjadi difabel.

Proses pemulihan emosionalnya sangat lama, meskipun Handler melakukan perjalanan kembali ke New York City dengan seorang teman delapan bulan kemudian. Dia memutuskan untuk mengikuti audisi paska-kecelakaan pertamanya.

“Saya berjalan lagi tanpa kruk. Saya merasa baik-baik saja. Saya memiliki kaki palsu yang saya laminasi dengan pola kesukaan saya, dan saya merasa nyaman karenanya, ”kata Handler.

Dia mengikuti audisi dengan percaya diri.

“Saya ditertawakan saat audisi itu karena kaki palsu saya. Mereka seperti berkata, ‘Oh, Anda memiliki suara yang bagus, tapi ini adalah panggilan kembali untuk audisi menari. Saya hanya menertawakannya dan meninggalkan ruangan. Anda tahu, saya sama sekali tidak tahu bagaimana membela diri saya sendiri pada saat itu.”

Karena putus asa, Handler berhenti mengikuti audisi selama berbulan-bulan.

Tapi kemudian, pada 2014, dia melihat email yang mengubah segalanya. Ini tentang Disability Film Challenge, dimana seniman—dengan dan tanpa disabilitas—memiliki kesempatan untuk berkolaborasi dan menceritakan kisah unik yang menampilkan difabel dalam berbagai bentuknya. Itu adalah kompetisi sepanjang akhir pekan dimana pembuat film menulis, memproduksi, dan menyelesaikan film berdurasi tiga hingga lima menit setelah menerima genre yang ditetapkan, dengan daftar properti dan lokasi.

Bagian terbaiknya, tim harus mengintegrasikan elemen cerita yang mengakui difabel dan menyertakan setidaknya satu orang difabel fisik atau kognitif di depan atau di belakang kamera.

The Disability Film Challenge adalah gagasan dari Nic Novicki, seorang aktor Hollywood, produser, dan penulis. Novicki seorang difabel bertubuh mungil.