Sosialisasi Pemilu 2019 bagi Disabilitas

0
131

Oleh: Siti Latipah

[Bandung, 4 Maret 2019] Bertempat di Wisma Percasi (Persatuan Catur Seluruh Indonesia), Gor Pajajaran, Jalan Pajajaran Bandung, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bandung gelar sosialisasi Pemilu 2019. Sosialisasi yang dilaksanakan pada Rabu, 27 Februari itu dihadiri puluhan atlet-atlet difabel dari NPCI (National Paralympic Committee of Indonesia) Kota Bandung. Sehari sebelumnya, KPU Kota Bandung melaksanakan hal yang sama di aula Bina Karya, Jalan Bima, Bandung kepada puluhan penyandang difabel netra. Sosialisasi tersebut dilaksanakan guna memberikan informasi perihal Pemilu 2019 yang dilaksanakan serentak 17 April mendatang.

Pemilu serentak ini adalah yang pertamakalinya diadakan. Jadi, dengan adanya sosialisasi ini, kami berharap teman-teman disabilitas tidak lagi bingung nanti saat berada di TPS.” ujar Adi (Komisioner KPU Kota Bandung), saat memberikan materi sosialisasi.

Pada kesempatan itu, Adi menunjukan contoh surat suara kepada peserta sosialisasi. “Nanti kita akan mendapat 5 surat suara,” Adi menjelaskan. “Surat suara Capres/Cawapres, DPD RI, DPR RI, DPRD Provinsi, dan DPRD Kota/Kabupaten.” imbuhnya seraya menunjukkan contoh surat suara.

Peserta difabel netra pun diberikan kesempatan untuk meraba langsung contoh surat suara. Tidak hanya itu, pada sosialisasi tersebut, ada seorang peserta yang mencoba duduk dan bahkan berdiri di atas contoh kotak suara. Hal ini dilakukan guna menangkal hoaks perihal kotak suara yang berbahan kardus.

Adi menginginkan seluruh penyandang difabel yang telah memiliki hak memilih agar dapat berpartisipasi aktif pada Pemilu 2019 mendatang dengan cara menggunakan hak pilihnya sebaik mungkin.