Sistem Hukum yang Adaptif terhadap Difabel

0
385

Penulis: Barra.

Newsdifabel.com – Sebuah laporan baru merekomendasikan perubahan bagaimana penegakan hukum terintegrasi dengan kepentingan difabel setelah menemukan bahwa hambatan komunikasi merupakan isu yang signifikan.

Studi yang dilakukan oleh para peneliti di University of Limerick, bersama tim dari Universitas Irlandia lainnya, menerima pandangan dari 95 orang yang bekerja di daerah tersebut, termasuk mereka yang bekerja di lembaga relawan atau perwakilan untuk difabel intelektual, orang-orang yang bekerja di bidang kesehatan, dan bekerja dalam dunia penegakan hukum, termasuk jaksa, hakim dan pengacara.

Tingkat prevalensi difabel intelektual yang tinggi di dalam penjara Irlandia menimbulkan pertanyaan sehubungan dengan kapasitas lembaga peradilan pidana Irlandia, termasuk melayani anggota An Garda Síochána (Garda Perdamaian Irlandia), termasuk pengacara, kejaksaan, pengadilan, dan otoritas rumah tahanan agar secara tepat merespon dan mengatasi situasi yang melibatkan difabel.

Merujuk pada kasus Dean Lyons, yang membuat pengakuan keliru atas tuduhan pembunuhan ganda. Inklusi dalam wilayah penegakan hukum begitu penting agar tidak membuat kesimpulan keliru setelah melakukan wawancara investigasi dengan seorang difabel. Membutuhkan orang yang ahli untuk membantu personel penegak hukum, sehingga diperlukan sebuah pelatihan spesialisasi, setidaknya ada satu petugas ahli di setiap divisi atau sector teritori, yang memiliki pengetahuan bagaimana memahami seorang difabel intelektual.

Studi di atas telah dibuat dalam sebuah jurnal ilmiah yang dipublikasikan dalam International Journal of Law and Psychiatry.