Semarak Gelaran Liga Goalball 2021 di Yogyakarta

0
502

Penulis: Delia

Newsdifabel.com — Umumnya sebuah liga olahraga biasa kita dengar dari cabang olahraga yang sudah mendunia seperti sepak bola, namun kali ini liga olahraga berhasil digelar untuk pertama kalinya dari cabang olahraga difabel netra yaitu goalball yang ada di Yogyakarta. Dari semangat, minat, dan bakat sahabat netra untuk bermain goalball dan mengolahragakan warga difabel netra, perkumpulan goalball DIY menyelenggarakan Liga Goalball khusus Daerah Istimewa Yogyakarta. Liga akan dilaksanakan setiap Rabu bertempat di Gedung Olahraga Ngampilan.

Jadwal pertandingan pertama dilaksanakan pada 17 Februari–31 Maret 2021. Liga goalball yang memiliki ketentuan pemain maksimal 8 tim serta 4 orang ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas serta kemampuan pemain, membangkitkan semangat dalam berlatih supaya lebih mempunyai tujuan, meningkatkan kecintaan terhadap olahraga goalball, dan untuk menjadikan kegiatan latihan rutin.

Demi kelancaran Liga Goalball serta turut berperan dalam pencegahan penyebaran Covid-19, peserta diwajibkan mematuhi protokol kesehatan dan dilarang membawa suporter/penonton atau pihak-pihak selain yang telah diizinkan oleh panitia selama pertandingan berlangsung.

Sering kali masing-masing tim memilih nama secara unik dan menampilkan lokalitas tradisi. Beberapa nama unik dari 8 tim itu adalah Tim Dagadu, Tim Beruang Hitam GC, Tim Bajing Luncat, Tim Mutiara Hitam, Tim Laskar Mataram, Tim Macan Putih, Tim Tunggul Nogo, dan Tim GJR. Mendengar nama-nama tim goalball yang mirip seperti nama laskar atau padepokan silat, diharapkan bisa melahirkan calon atlet goalball berkelas internasional di masa depan.

Ketua panitia yang berhasil kami hubungi via telepon, Nur Fendi (25) mengatakan, “Diharapkan dengan adanya liga goalball di Yogyakarta ini bisa lebih berkembang lagi sehingga banyak lagi orang-orang yang peduli akan olahraganya kaum tunanetra, supaya masyarakat juga tahu bahwa tunanetra mampu berkompetisi dan bahwa tunanetra juga punya olahraga yang seru dan menarik.”

Berkat soliditas dan dukungan dari tim panitia bersama para pendamping, Perkumpulan Goalball Daerah Istimewa Yogyakarta (PGDIY) akhirnya liga goalball yang baru pertama kali dilaksanakan di Kota Gudeg ini bisa dilaksanakan dengan lancar meskipun dengan peserta yang terbatas karena mengingat biaya dan pendamping yang kurang memadai.