Seleksi Angkat Berat, Tim Putri Pecahkan Rekor Baru

0
369

Oleh: Sri Hartanti

[Bandung, 27 Oktober 2020] Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) ajang olahraga atlet difabel untuk tingkat nasional akan diselenggarakan di Papua 2021 mendatang. Rabu, (21/10/2020) atlet angkat berat se-Jawa Barat melakukan seleksi di ruangan angkat berat komplek Gor Pajajaran Bandung.

Seleksi tersebut diikuti olah 9 atlet putri dan 17 atlet putra yang diutus National Paralympic Committee Indonesia (NPCI) dari beberapa wilayah di Jawa Barat. Diantaranya dari Kota Tasikmalaya, Kabupaten Tasikmalaya, Kabupaten Bandung Barat, Kabupaten Bekasi, Kota Bandung, Kota Cirebon, Kabupaten Indramayu, Kabupaten Majalengka, Kabupaten Purwakarta.

Rekor baru nasional dipecahkan oleh dua atlet putri dari NPCI Kota Bandung, masing-masing diraih oleh Dian dari kelas 79 kilogram dengan angkatan terbaiknya di 100 kilogram, disusul oleh Shebrioni dari kelas 67 kilogram dengan angkatan terbaiknya di 95 kilogram.

Meski kedua atlet putri pemecah rekor baru tersebut sudah dipastikan bakal mengantongi tiket kuota menuju Peparnas Papua, tidak menutup kemungkinan atlet putri lainnya pun mendapat peluang yang sama dari kelasnya masing-masing.

“Untuk atlet putri diharapkan bisa lolos semua menuju Peparnas 2021, namun kita lihat juga berapa jumlah kuota yang diberikan untuk cabang angkat berat ini,” tutur Husdi Permana, pelatih dari Kota Bandung.

Tim atlet putri yang turunkan untuk melakukan seleksi sebanyak delapan kelas, mulai dari 41, 50, 55, 67, 73, 79, 86, dan 86+ kilogram. Sementara untuk tim atlet putra diturunkan lima kelas yaitu, 49, 54, 59, 65, dan 72 kilogram.

Mewakili NPCI Jawa Barat, Cepi Wadashori-Bendahara mengaku bangga atas prestasi baru yang dicetak olek tim putri angkat berat Kota Bandung, ia pun berharap para atlet tersebut selain dapat berlaga untuk ditingkat nasional juga dapat mengukuti turnamen di tingkat Asean Para Games. Harapan lain yang disampaikannya, selain menggondol mendali dari cabang olahraga angkat berat, juga dapat menjadi juara umum di Peparnas Papua mendatang.

“Prestasi yang sangat baik dari atlet NPCI Kota Bandung dapat memecahkan rekor baru nasional diangka 100 dan 95 untuk tim putri. Dan ini baru kali pertama di Jawa Barat,” pungkasnya.

Tidak diragukan lagi, NPCI Kota Bandung dinilai sebagai gudang atlet berprestasi bukan hanya untuk tingkat provinsi dan nasional saja. Beberapa atlet dari NPCI Kota Bandung bahkan sudah menjadi wakil di kancah turnamen tingkat internasional.