Petisi: Sediakan Deskripsi Audio di Semua Acara TV

0
325

Oleh: Annas

[Bandung, 17 Oktober 2020] Seorang dari Hampshire, Inggris membuat petisi yang berisi dukungan agar semua acara film, televisi, dan video streaming menggunakan audio description (deskripsi audio). Dalam petisinya di Change.org, Emma Purcell, pembuat petisi, memberi alasan logis mengapa deskripsi audio itu penting bagi difabel netra sebab, dengan adanya deskripsi tersebut bisa menjelaskan warna, ekspresi wajah, bahasa tubuh, urutan tindakan, dan teks/gambar tertulis.

Kami, kata Emma dalam petisinya, membutuhkan deskripsi audio yang tersedia di semua film, program televisi, dan layanan streaming. Jika kita, atau seseorang yang kita kenal, memiliki gangguan penglihatan dan/atau kita adalah pendukung kesetaraan difabel, silakan tanda tangani dan bagikan petisi saya.

Emma Purcell adalah editor berita, blogger, dan seorang penulis produktif di Inggris. Menjadi blogger di Rock for Disability dia menulis tentang kehidupan sebagai difabel serta review musik dan wawancara.

Emma memulai kampanye petisi karena tidak diperlakukan adil dalam menikmati layanan video jika tanpa ada deskripsi suara mengenai visualisasinya. Sedangkan terdapat jutaan orang yang kehilangan penglihatan tidak memiliki akses ke beberapa acara paling populer di seluruh dunia.

Apa itu deskripsi audio?

Deskripsi audio sangat penting bagi orang dengan gangguan penglihatan karena bisa menjadi referensi tentang visual. Saat ini, saluran televisi dan jaringan film hanya 10 persen memberikan deskripsi audio di film dan program mereka. “Tetapi saya bersana orang-orang dengan gangguan penglihatan ingin meningkatkannya hingga 100 persen sehingga mereka dapat mengakses film dan program yang sama.” dengan optimisme kuat Emma menjelaskan.

Menyediakan deskripsi audio harus menjadi bagian wajib dalam membuat dan mendistribusikan film atau serial televisi. Deskripsi audio, dalam prosesnya, harus juga dimasukkan dalam anggaran pembuatan film.

Selain itu, pelatihan siswa untuk menjadi pembuat film harus diajarkan tentang pentingnya aksesibilitas dalam film dan program televisi, dan memasukkan ini ke dalam tahap perencanaan dalam memproduksi konten media. Sebab, menyediakan deskripsi audio akan membawa lebih banyak penonton ke saluran televisi dan film.

Emma terlahir dengan kelumpuhan serebral. Dia juga memiliki kondisi mata yang disebut nekrosis retinal akut, yang disebabkan oleh virus di retinanya. Dia kehilangan semua penglihatan di mata kanannya pada usia delapan tahun dan mulai kehilangan penglihatan di mata kirinya pada usia 11 tahun. Dia saat ini memiliki sekitar 20 persen penglihatan yang tersisa di mata kiri.

Emma memulai petisi ini setelah terus-menerus menemukan deskripsi audio tidak tersedia di banyak acara televisi dan film populer.

Dia berkata, “Deskripsi audio adalah jalur kehidupan yang penting bagi saya dan begitu banyak orang lainnya yang mengalami gangguan penglihatan. Saya tahu lompatan besar telah dilakukan selama 25 tahun terakhir untuk membuat deskripsi audio tersedia secara luas, tetapi lebih banyak lagi yang harus dilakukan agar semua film dan program dapat diakses sepenuhnya oleh orang-orang tanpa penglihatan dan low vision.”

Kami membutuhkan deskripsi audio yang tersedia di semua film, program televisi, layanan streaming, dan itulah sebabnya kami membutuhkan ratusan ribu orang yang menandatangani dan membagikan petisi saya.

Hingga tulisan ini dibuat, petisi dari Emma Purcell yang dibuat sekitar satu bulan lalu sudah mendapat 2000-an tanda tangan online.

Jika ingin membantu Emma, silakan tanda tangani petisi ini: Petition to Make Audio Description.