Perhelatan Festival Film Difabel 2020

0
538

Penulis: Barr.

Newsdifabel.com — Ajang festival film difabel telah dimulai. Kali ini, di tahun pandemi, panitia festival mengambil tajuk “Together! 2020 Disability Film Festival” yang digelar tanggal 4- 6 Desember 2020.

Festival film ini sekarang sudah terbuka pendaftaran untuk difabel rungu, tuli, daksa, netra. Ada hal yang baru dari panitia yaitu film-film yang pernah didaftarkan sebelumnya akan diseleksi lagi oleh panitia dengan syarat khusus.

Prioritas panitia adalah menyediakan platform untuk alur cerita yang kuat, menyoroti pengalaman hidup yang otentik para difabel, dan kemampuan komunitas-komunitas yang sedang merintis. Pembuat film tidak harus difabel, asalkan subjek filmnya menggandeng difabel. Pembuat film bisa mengisahkan tema tentang kedifabelan apapun, tak harus paralel dengan kedifabelanya pembuat film.

Dilansir dari laman resmi panitia, bahwa film akan ditayangkan perdana secara internasional, termasuk berkolaborasi dengan lintas festival termasuk Oska Bright, SuperFest, Kynnskino, Little Wing dan BSL Zone.

Kategori pemenang film dibagi film terbaik, animasi terbaik, film tari terbaik, drama terbaik, dokumenter terbaik, film terbaik dalam bahasa selain bahasa inggris, film akses terbaik.

Untuk memperluas akses, panitia menawarkan festival virtual selain pemutaran film langsung di London, termasuk menerbitkan ulang program tersebut pada malam pembukaan dengan tautan ke film yang tersedia secara daring.

Panitia mengantisipasi festival tahun ini sepenuhnya virtual, menggunakan fasilitas TV live-streaming yang digunakan saat perhelatan festival film pada 2012 lalu. Dengan begitu, ada peluang untuk penonton menyaksikan lewat Zoom.