Peran Penting Dompet Digital Bagi Difabel Netra

0
448

Penulis: Nensi Nur

Newsdifabel.com – Di zaman serba canggih ini, sepertinya semua elemen saling berlomba unjuk gigi menunjukkan kebolehannya dalam mencengangkan dunia. Dan dunia digital merupakan salah satu yang terus mengepakkan sayap untuk memudahkan pemenuhan kebutuhan umat manusia modern. Ini dia salah satunya: dompet digital atau biasa juga disebut dengan E-Wallet.

Keberadaan dompet digital tak hanya dirasakan kelompok nondifabel. Teknologi kekinian yang erat hubungannya dengan transaksi keuangan ini dapat dinikmati juga oleh difabel netra. Kemudahan yang diberikan oleh produk layanan ini sangat besar peranannya bagi mereka. Bila sebelumnya difabel netra harus pergi ke berbagai tempat dengan kondisi yang tidak mudah, untuk keperluan membayar listrik, membeli pulsa, mengantre di bank atau berangkat ke supermarket. Tapi dengan dompet digital yang dimiliki, semua itu bisa mereka lakukan cukup dari rumah. Urusan yang terasa sangat dipermudah adalah ketika harus bepergian dengan transportasi daring. Jika biasanya mereka harus merogoh kocek yang tak sedikit kepada pengemudi transportasi umum biasa, fasilitas yang satu ini selain mudah diakses, tentu saja memiliki aturan tarif yang jelas.

Dalam pelaksanaannya pun, para difabel netra tak perlu lagi disulitkan dengan berbagai masalah yang kerap terjadi. Seperti saat bertemu pengemudi tak ramah, hingga terjadi salah paham dan menimbulkan kerugian bagi difabel netra itu sendiri. Contoh lain, saat bertemu pengemudi yang sedikit berbuat curang dengan mengurangi jumlah uang kembalian, atau berbohong tentang argo seperti kepada difabel netra. Kini, mereka mempu meminimalisir kerugian tersebut karena dapat menjalankan transaksi dengan dompet digital yang telah terpasang pada telepon pintar. Meskipun masih ada saja pengemudi yang nakal, setidaknya apabila terjadi masalah, mereka tahu harus mengadu ke mana dan pada siapa.

Ada berbagai produk dompet digital yang telah sudah rilis dan sukses di Indonesia. Para difabel netra tinggal memilih mana yang kiranya cocok dengan mereka. Mereka tak perlu lagi khawatir membawa uang tunai di dalam dompet, karena hanya dengan dompet digital yang teraplikasi di telepon pintar, semua urusan transaksi dapat dilakukan. Aman, mudah, dan cepat.

Salah satu difabel netra bernama Sovian Tri menuturkan bahwa, sejak menggunakan dompet digital banyak sekali manfaat yang bisa dia peroleh. Selain kemudahan memilih transportasi, bertransaksi, dan berkomunikasi, mengatur lalu lintas keuangan dengan bank juga sangat mudah.

Namun ada yang harus diingat, bahwa setiap kelebihan suatu produk tentu ada kekurangannya. Untuk dompet digital itu sendiri, apabila kita tidak bisa mengelolanya dengan benar, akhirnya hanya akan membawa kita pada gaya hidup boros. Sebab terlalu sering bertransaksi dengan kemudahan yang ada, tak menutup kemungkinan akan membuat kita terlena. Apalagi bagi yang gemar belanja. Melihat saldo dompet digitalnya masih ada, biasanya akan terus tertarik dengan promo atau diskon yang ditawarkan berbagai marketplace. Untuk itulah, menggunakan dompet digital harus cermat dan cerdas. Lakukanlah beberapa hal berikut agar keberadaan dompet digital dipergunakan untuk hal-hal baik dan tepat.

  1. Tetapkan anggaran dalam dompet digital setiap bulannya. Itu akan memudahkan kita mengontrol keuangan agar tidak melebihi anggaran.
  2. Sebelum menetapkan anggaran, hitung dengan pasti untuk apa saja saldo dalam dompet digital tersebut. Misalnya, untuk bayar listrik, PDAM, internet, BPJS, pulsa, belanja ke supermarket, belanja makanan, transportasi daring, dan sebagainya.
  3. Jika tidak perlu (bukan kebutuhan primer), jangan berbelanja, sebab itu akan membawa kita pada keinginan untuk membeli hal-hal yang sebenarnya tidak dibutuhkan.
  4. Upayakan untuk menggunakan satu produk dompet digital. Sebab banyak menyimpan saldo di banyak dompet digital justru malah membuka kesempatan untu menghamburkan uang. Lalu terjadilah transaksi yang sebenarnya tidak ada dalam perencanaan di awal.
  5. Pilihlah produk dompet digital yang sudah pasti tingkat keamanannya. Sebab semakin banyak pilihan produk akan banyak pula risiko yang harus ditanggung.

Persaingan antar produk itu sendiri sering kali mengakibatkan para konsumennya kebingungan dengan aturan-aturan yang berlaku. Dan inilah beberapa produk dompet digital yang namanya tengah melambung di Indonesia

  1. Gopay; yang mempercayakan transportasi daring karya anak bangsa pasti sudah tahu produk ini. E-wallet satu ini juga cukup ramah dan aksesibel bagi para difabel netra.
  2. Ovo; teman-teman difabel netra juga sudah tak asing dengan ini. Meskipun ada penurunan dalam pelayanan dikarenakan tak lagi dapat top up di minimarket sejuta umat, Ovo masih juga digemari oleh para difabel netra.
  3. DANA; produk yang satu ini merupakan produk lokal asli Indonesia. Peluncurannya di bulan Desember 2018 lalu. DANA berhasil memikat hati difabel netra.
  4. LinkAja; produk keuangan ini digawangi dari hasil kolaborasi perusahaan BUMN. Cukup mudah dan aksesibel.

Masih banyak platform dompet digital yang sepertinya mulai menjamur di negeri kita. Dan sebagai salah satu dari bagian konsumen, tinggal kita pilih, mana yang paling baik di antaranya, mana yang tingkat aksesibilitasnya paling tinggi, supaya dapat memudahkan penggunaannya bagi difabel netra.

Mari gunakan dompet digital secara bijak.