Pelatihan dan Kompetisi TIK Daring Nasional bagi Difabel

0
536

Oleh: Ravindra Abdi Prahaswara 

[Jakarta, 19 Oktober 2020] Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (Bakti) Kominfo menggelar pelatihan dan kompetisi TIK daring nasional bagi disabilitas 2020. TIK adalah akronim dari Teknologi Informasi dan Komunikasi. Tujuan pelaksanaan kegiatan ini adalah transformasi digital dalam rangka inklusi masyarakat. Kegiatan tersebut dapat diikuti oleh penyandang difabel netra, difabel tuli-wicara, difabel daksa, difabel intelektual, dan difabel mental. Peserta dapat mendaftarkan diri dan mengisi formulir melalui daring.

Peserta yang telah mendaftar akan dikelompokkan berdasarkan regional, setiap regional, waktu pelaksanaan kegiatannya berbeda-beda. Untuk regional 1 (Sumatera dan Bali) 9- 13 November 2020, regional 2 (Jawa dan Kalimantan) 16- 20 November 2020, regional 3 (NTT, NTB, Sulawesi, Maluku, Papua) 23- 27 November 2020. Sedangkan kompetisi nasional sendiri nantinya akan diadakan pada 2- 3 Desember 2020.

Ada empat materi pelatihan yang dapat dipilih oleh peserta yaitu excel, desain 2D, e-commerce, google sheet, dan google form. “Setiap materi pelatihan hanya bisa dipilih salah satu karena waktu pelaksanaanya bersamaan”, kata Echi Pramitasari panitia acara yang juga sebagai staf badan litbang SDM Kementerian Komunikasi dan Informatika RI saat diminta penjelasannya.

Persyaratan untuk bisa mengikuti kegiatan ini adalah individu difabel usia 15- 40 tahun, memiliki surat keterangan sebagai difabel, memiliki handphone atau laptop, dan bersedia untuk menaati setiap ketentuan acara yang berlaku.

Kegiatan ini tidak dipungut biaya sepeserpun. Mengingat pelaksanaannya dilakukan secara daring maka setiap peserta yang sudah terdaftar dan terpilih untuk mengikuti kegiatan ini nantinya akan mendapat kuota data dari Kementerian Kominfo.

Untuk selanjutnya, bisa langsung mendaftarkan diri secara daring dengan mengisi formulir pada tautan di bawah ini:

Pendaftaran

Pakta Integritas