PBHDI Majalengka Gelar Lomba Puisi Bahasa Isyarat

0
311

Penulis: Sri Hartanti

Newsdifabel.com — Ragam kegiatan dilaksanakan dalam rangka Hari Disabilitas Internasional (HDI). Masyarakat difabel memanfaatkan momentum ini untuk melaksanakan serangkaian aktivitas yang dapat disosialisasikan ke hadapan publik. Di masa pandemi seperti saat ini, peringatan HDI di tingkat nasional dilakukan secara virtual dengan berbagai agenda kreativitas dan lomba. Pun demikian di berbagai wilayah lainnya.

Seperti di Bandung misalkan, kompetisi lomba karaoke theme song sebuah komunitas khusus untuk para ibu dan perempuan difabel netra digelar secara virtual dalam bentuk video. Atau turnamen sepak bola tangan difabel yang diperuntukkan bagi difabel daksa. Keunikan lain muncul dari masyarakat difabel di Majalengka. Untuk mengisi momentum yang sama, panitia besar HDI Majalengka berinisiatif menggelar lomba puisi bahasa isyarat.

Disampaikan Irna, salah satu tim pelaksana kegiatan menyampaikan munculnya ide lomba puisi bahasa isyarat (pusirat) ini merupakan hasil kesepakatan dalam rapat persiapan dan agenda panitia besar hari difabel internasional. “Ini kali pertama diselenggarakan, mohon doanya agar agenda ini sukses,” tutur Irna.

Kesuksesan lomba ini diharapkan sekaligus dapat menjadi ajang edukasi publik terkait bahasa isyarat, sebagai bahasa komunikasi yang digunakan oleh para difabel tuli.

Sementara Billy Birlian, ketua Gerakan Kesejahteraan untuk Tunarungu Indonesia (Gerkatin) Jawa Barat menambahkan, dalam lomba baca puisi ini tidak diperlukan penerjemah atau juru bahasa isyarat. Membaca puisi dengan bahasa isyarat dan dilengkapi teks atau dalam bentuk video, ini sudah cukup memudahkan untuk dipahami tentang bacaan puisi tersebut oleh masyarakat.

“Tidak perlu penerjemah karena ada teksnya,” kata billy.

Selain diisi dengan berbagai ajang lomba dan kreativitas, pada momentum HDI juga akan diselenggarakan bazar dan bakti sosial, berupa penyerahan alat bantu untuk difabel, donor darah, pengobatan gratis, pembagian masker, pembuatan atau perpanjangan SIM D, dan pelatihan keterampilan. Kegiatan ini akan dilangsungkan tepat pada tanggal 3 Desember 2020, mulai pukul 08.00 WIB hingga selesai, di Pujasera Malajengka. Belum ada batasan jumlah peserta, pihak panitia masih membuka pendaftaran untuk difabel tuli lomba puisi bahasa isyarat tersebut.