Muktamar ITMI Menghasilkan Program Rehabilitasi Sosial 

0
418

Penulis: Agus Maja

Newsdifabel.com — Sesuai muktamar ITMI 2019, tiga kategori program ITMI yang dihasilkan adalah keorganisasian, dakwah, dan tarbiah atau ketenagakerjaan yang konsen dalam rehabilitasi sosial. ITMI telah melakukan konsolidasi dengan organisasi dan pemerintah terkait pembinaan, namun belum maksimal dikarenakan pandemi. Pada tahun 2021 ITMI akan melakukan pembinaan pendakwah difabel netra serta meningkatkan kemampuan para muslimah difabel netra.

Sejak berdiri pada tahun 1999, ITMI memiliki 26 DPD tingkat provinsi. Dalam program kaderisasi kepemudaan masih menjadi primadona di ITMI, sebab tongkat estafet kepemimpinan ada di kalangan pemuda, tahap kaderisasinya adalah tahap pertama selama satu sampai dua tahun dengan materi ketahuidan, keislaman, dan kebangsaan. Setelah proses itu selesai maka akan dilanjut dengan pembinaan. Tahap akhir melakukan in house training menjalankan organisasi.

Pihak yang terlibat dalam pembinaan dan kepemudaan dilakukan ITMI adalah dari internal saja namun jika menyangkut isu politik serta sosial maka ITMI melibatkan pihak eksternal. Organisasi ITMI bernafaskan Islam yang menjunjung tinggi dasar negara serta falsafahnya sebagai roda organisasi. Sedangkan jiwa ITMI ada dalam bidang dakwah, dengan memperkuat ukhuwah islamiah.

Dengan berorganisasi, para difabel bisa melakukan banyak hal dalam mengaktualisasi pikirannya untuk memperjuangkan nasib difabel. Apalagi negara telah menjamin kebebasan berorganisasi dalam UUD 1945 sehingga harus dimanfaatkan untuk membangun kesadaran bahwa persatuan gagasan itu penting.