Kreativitas Seni bagi Disabilitas

0
452
Foto: Lia

Oleh: Rita Tila |

[Bandung, 2 September 2018] Pada zaman urban ini masyarakat dituntut untuk memberikan kreativitas dalam berkarya, karena sebuah kreativitas seni tidak memandang siapa pun yang akan melakukannya. Peran seorang seniman sangatlah penting, kenapa? Karena seni adalah sebuah relaksasi untuk melepaskan segala penat dan keterbatasan manusia. Tidak menutup kemungkinan untuk penyandang disabilitas akan merasa senang dengan segala situasi, mereka bisa tersalurkan melalui kreativitas dalam berkesenian.

Penyandang disabilitas biasanya mengalami berbagai keterbatasan dalam menjalankan fungsi kehidupan. Kita, manusia, dilahirkan di dunia ini tidak ada yang sempurna, bahwasannya segala memiliki kelebihan. Tapi pada dasarnya para penyandang disabilitas harus mampu berinteraksi dan berdiri sendiri dengan menumbuhkan semangat dan kemampuan berkreativitas dalam seni. Kunci utama adalah kehendak dan usaha, mereka memiliki kehendak untuk mengikuti rehabilitasi di antaranya rehabilitasi tubuh melalui seni relaksasi dengan mendengarkan musik dan melihat tarian, bahkan mengajarkannya sehingga bisa merelaksasi fisik dan fikiran agar tidak semakin lemah. Selanjutnya, rehabilitasi psikososial, yaitu mengajarkan mereka untuk mempertahankan hidup supaya tidak merasa terpuruk terus menerus dengan cara berinteraksi dengan orang lain yang bisa menularkan kreativitasnya melalui seni. Dan yang paling penting, harus mandiri melalui pertahanan ekonomi. Melalui kreativitas seni, jika terus digali, para penyandang disabilitas bisa mengeksplorasi potensi-potensi diri yang mereka miliki sehingga dapat dikembangkan. Selain itu, para penyandang disabilitas bisa memiliki kelebihan yang didapat dari hasil pembelajaran seni sehingga, akan mendapatkan penghasilan untuk memenuhi kebutuhan mereka.

Para penyandang disabilitas yang saya sayangi, jangan pernah bersedih bahwa kita semua di mata Allah itu sama. 

Semangat terus, jangan pernah lelah untuk berkarya demi cita-cita bersama. Bangkitlah melalui seni karena, melalui seni, akan mendatangkan keharmonisan lahir dan batin. We love you all

Rita Tila

Bandung, 22 maret 2018