Kontribusi Nyata dari Difabel Melalui Donor Darah

0
252

Penulis: Agus 

Newsdifabel.com — Dilansir dari Kompas.com, pada zaman dahulu, transfusi darah atau pemberian darah hanya diberikan untuk persembahan, itupun dengan mengorbankan darah hewan, sebagai salah satu komunikasi kepada dewa. Donor darah atau pengambilan darah didasarkan pada sistem pengobatan kuno dimana darah dan cairan tubuh lainnya dianggap sebagai keseimbangan yang tepat untuk menjaga kesehatan.

Pada 2500 sebelum masehi, penduduk mesir juga melakukan proses pengambilan darah seperti yang ada pada ilustrasi makam di Memphis, Mesir. Digambarkan, seorang pasien berdarah dari kaki dan leher.

Tanggal 15 Juni 1667, transfusi darah langsung pertama ke manusia dilakukan oleh dokter Jean-Baptiste Denis. Dirinya memberikan seorang pria muda yang demam sekitar 12 ons darah yang diambil dari seekor domba.

Seiring waktu berjalan, penemuan kecocokan darah dalam mentransfusi menjadi awal sejarah baru, penemunya ialah Karl Landsteiner.

Kemajuan teknologi kedokteran memudahkan tenaga medis melakukan proses transfusi. Setetes darah sangat berarti dalam kehidupan, itu sebabnya negara-negara di dunia mendirikan sebuah institusi penyimpanan darah mengingat banyaknya permintaan transfusi darah. Selain itu sekarang banyak juga program swadaya donor darah dari berbagai lembaga atau organisasi.

Blind Mom’s dan Newsdifabel.com tengah berkolaborasi dalam mewujudkan donor darah dari kaum difabel, sebab para difabel pun ingin memberikan kontribusi serta sumbangsih nyata untuk masyarakat luas seiring dengan peringatan Hari Disabilitas Internasional 2020.

Tujuan kegiatan ini mengingat kondisi negara yang sedang memerangi pandemi Covid-19, tentu banyak pasien yang sangat membutuhkan darah. Hal ini dilakukan oleh Blind Mom’s bekerjasama dengan Newsdifabel.com dan PMI sebagai organisasi yang konsen dalam penyaluran darah.

Sekaligus sebagai informasi untuk kaum difabel, kegiatan ini akan dilaksanakan pada 19 Desember 2020 dan sasaran peserta mencapai 100 pendonor dari kalangan difabel.

Manfaat Donor Darah

Selain sebagai perbuatan yang bernilai amal, donor darah juga bermanfaat bagi kesehatan. Dalam laman pemberitaannya, PMI mengungkapkan beberapa manfaatnya adalah menurunkan risiko terkena penyakit jantung dan pembuluh darah, menurunkan risiko kanker, membantu menurunkan berat badan (membakar kalori), mendeteksi penyakit serius, membuat lebih sehat secara psikologis dan memperpanjang usia, dan mengurangi penyakit jantung.