Komunitas EDN Shop untuk Difabel Netra

0
288

Oleh: Dera Sofiarani

[Bandung, 22 Mei 2019] Komunitas Entertainer Disabilitas Netra (EDN) kemarin (18/5) sukses menggelar launchingnya di Gedung Serbaguna Balai Kota Bandung. Di acara launching tersebut, EDN memberi tema Bersama Wujudkan Kesuksesan. Komunitas ini berfokus memperjuangkan peningkatan lapangan kerja bagi difabel netra di bidang bisnis online.

Komunitas EDN memang masih seusia jagung, namun mereka punya mimpi pohon jati. Tepatnya pada 9 Maret 2018 EDN dibentuk dengan modal awal beranggotakan lima orang, Hadi Hidayat, Fani Dwi Putri, Zuhud Algifari, Hardian Dwi Putra, dan Ade Rahmad Gumilar yang mengiklankan produk melalui media Whatsapp berupa aksesoris handphone, produk fashion seperti jaket, kaos, switer, gamis, mukena, dan kebutuhan sehari-hari seperti selimut, sepatu, dll.

Langkah awal upayanya bisa dibilang ukup baik. Mereka mendapat keuntungan kisaran 4 juta rupiah setelah dua minggu berjalan. Komunitas yang diketuai oleh Hadi Hidayat, seorang difabel netra low vision, optimis bahwa EDN Shop akan membantu teman-teman difabel netra dalam memperoleh pemasukan finansial sembari memanfaatkan waktu luang.

Acara peluncuran yang sangat meriah ini dihadiri juga oleh Wakil Walikota Bandung, beliau sangat mengapresiasai atas adanya komuntas ini, dan akan membantu agar komunitas EDN Shop dapat berkembang lebih luas dan dihadiri juga oleh dinas sosial Kota Bandung. Saat launching berlangsung, turut menghadirkan dua pemateri yang telah sukses dalam bidang bisnis yaitu ustaz Abdul Fatah, seorang difabel netra yang berhasil dalam bisnis susu kambing Evitgoo 100, dan ustaz Ridwan Effendi, yang berhasil dalam berbagai bidang bisnis. Tidak hanya itu saja, dalam launching ini, komunitas EDN Shop juga menyediakan doorprice bagi para peserta yang membuat acara semakin menarik dan gegap gempita dengan pembawa acara yang cukup menyenangkan.

Launching ini sekaligus untuk mengajak para difabel netra agar turut serta menjadi member dari EDN Shop. Menurut Hadi, kedepanya mudah-mudahan komunitas EDN Shop ini bisa menjadi salah satu contoh dalam membangun perekonomian bagi teman-teman yang berminat dalam bidang bisnis online. Semoga dengan adanya berbagai komunitas yang peduli dengan difabel akan berakibat pada pemberian kesempatan yang setara dalam memperoleh pekerjaan, dan turut membuka pandangan masyarakat tentang difabel.