Kepoin Screen Reader NVDA (Bagian II)

0
341

Penulis: Siti Latipah

Newsdifabel.com — Di artikel sebelumnya kita sudah berkenalan dengan JAWS. Nah, kali ini kita akan ulas jenis screen reader lain. NVDA namanya. NVDA singkatan dari Non Visual Desktop Access. Jika diterjemahkan dalam bahasa Indonesia artinya adalah mengakses desktop tanpa penglihatan. Secara definisi, JAWS dan NVDA tidak ada beda. NVDA merupakan screen reader (pembaca layar) yang menginterpretasikan semua tampilan visual yang tampil di layar menjadi output (keluaran) berupa audio, sehingga pengguna difabel netra dapat mengoperasikan Microsoft Windows.

Sama halnya dengan JAWS, NVDA pun membantu teman-teman difabel netra mengakses hampir semua fasilitas yang tersedia dalam komputer untuk memudahkan mereka dalam bekerja. Dengan NVDA, mereka dapat bekerja dengan Microsoft Office dan berinteraksi secara virtual melalui dunia maya, serta berselancar mencari literatur atau referensi melalui mesin pencarian di internet.

Berbeda dengan JAWS yang merupakan software (aplikasi) berbayar, NVDA adalah software (aplikasi) freeware atau tidak berbayar alias gratis. Ini menguntungkan para pengguna karena tidak harus mengeluarkan banyak uang guna membeli screen reader berbayar dan juga memungkinkan pengguna untuk menghindari penggunaan software (aplikasi) bajakan. NVDA dirilis pertama kali pada tahun 2006 oleh NV Access.

NVDA memiliki fasilitas NVDA portable. NVDA portable ini dapat membantu teman-teman difabel netra yang ingin mengakses komputer di warung internet atau mengggunakan komputer yang belum terinstal screen reader. NVDA portable akan bekerja hanya dengan memasukan USB berisi file NVDA portable ke komputer yang akan digunakan, maka NVDA portable akan langsung bekerja. Hal ini tentu sangat membantu dan memudahkan teman-teman difabel netra untuk mengakses komputer dimanapun.

Sama seperti screen reader lain, NVDA dilengkapi speech synthesizer. Sejak peluncurannya hingga saat ini telah tersedia versi terbaru NVDA yaitu versi 2020.4. Pengguna yang ingin mendownload screen reader dapat langsung mengunjungi situs ini: http://nvda-project.org.

Tidak ada alasan lagi bagi teman-teman difabel netra untuk malas melakukan apapun dengan dalih keterbatasan penglihatan. Karena dengan kehadiran screen reader di tengah-tengah kita telah membuktikan bahwa keterbatasan penglihatan bukan halangan untuk difabel netra melangkah menuju masa depan yang cemerlang melalui jalan pengetahuan dan menyerap banyak informasi penting. Tentunya, tetap harus melakukan penyaringan informasi dengan menggunakan sumber yang valid agar tak tertipu oleh hoaks atau informasi palsu tentang apapun.

Baca Bagian I