Inilah Inspirasi Yura Yunita dalam Berkarya

0
214

Oleh: Sri Hartanti

[Selasa, 13 Juni 2019] Sosok musisi muda yang unik dalam bermusik, Yura Yunita kembali menyapa para difabel di Aula Balai Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas Sensorik Netra (BRSPDSN) Wyata Guna, Jalan Pajajaran, Bandung. Dengan menorehkan inklusifitas pada lagunya yang berjudul Merakit, dan melibatkan beberapa difabel netra sebagai backing vocal-nya, juga menggandeng difabel tuli untuk mengolah dalam bentuk bahasa isyarat, Yura ternyata memiliki kisah tersendiri pada perjalanan karirnya, dan perjalanan spiritual jiwanya.

Memaparkan kepada jurnalis Newsdifabel.com, Yura mengaku, lagu berjudul Merakit terinspirasi dari kunjungannya yang pertama kali ke BRSPDSN Wyata Guna sekitar satu tahun silam. Meski awal kedatangannya hanya untuk bersilaturahmi semata, Yura bahkan tidak pernah menduga dirinya akan mampu menciptakan sebuah lagu dan melahirkan satu karya terbaru setelah mengalami fase keterpurukan dalam kehidupannya.

Disampaikan Yura, setiap bait lirik yang terrangkum dalam lagu berjudul Merakit tersebut merupakan ungkapan rasa, kesan perenungan serta ajakan kepada pecinta musik untuk meneruskan setiap langkah yang ingin dicapai dalam mewujudkan impian. Setiap orang berhak untuk memiliki impian yang baik bagi dirinya, siapa pun tanpa terkecuali, termasuk para difabel dengan beragam kedifabelan yang dimilikinya.

Saya yakin setiap orang pasti memiliki impian yang baik dalam hidupnya,” ungkap Yura.

Kehadiran Yura di Wyata Guna bukan sekedar menghibur para difabel yang sedang belajar di sana. Sebaliknya, difabel netra yang memang telah terlabelisasi memiliki olah vokal mumpuni pun unjuk suara di hadapan Yura, bahkan bernyanyi bersamanya pula. Jauh dari kesan canggung atau berjarak antara musisi muda ini dengan para difabel netra.

Bagi Yura, pertemanannya dengan mereka justru saling menularkan inspirasi, berbagi semangat, dan motivasi, juga saling menghibur diri. Dalam kesempatan tersebut, Yura juga membeberkan harapan lain. Dirinya selain ingin menggandeng difabel untuk turut bersama dalam karyanya, ia juga sangat ingin mendapatkan kesempatan membawakan lagu-lagu yang mungkin bisa diciptakan oleh difabel dan dibawakan atau dinyanyikan oleh dirinya.

Saat ini mungkin kolaborasi saya dengan mereka baru dalam membawakan lagu bersama-sama yang saya buat, untuk selanjutnya saya ingin juga menyanyikan lagu yang mereka ciptakan,” pungkas Yura.