Hari Kursi Roda Internasional

0
170

Oleh: Malik

[Bandung, 5 Maret 2019] Setiap 1 Maret, dunia memperingati Hari Kursi Roda Internasional sejak dipromosikan pertama kali tahun 2008 oleh Steve Wilkinson. Secara garis besar, peringatan Hari Kursi Roda Internasional ini memiliki tujuan agar disabilitas daksa merayakan dampak positif dari diciptakannya kursi roda.  Juru kampanye aksesibilitas dan hak difabel terkemuka bernama Steve Wilkinson (terkenal dengan sebutan Steve Kursi Roda) menginisiasi hari penyadaran tentang kursi roda bagi difabel daksa sejak tahun 2008. Misinya adalah membuat dunia menjadi lebih mudah diakses oleh pengguna kursi roda dan mereka yang membutuhkan kemudahan mobilitas. Steve adalah pengguna kursi roda di sepanjang hidupnya. Setidaknya, perjuangan Steve sudah lebih dari 20 tahun.

Steve sudah fokus menangani diskriminasi terhadap difabel, dan pernah menerbitkan Disability Discrimination Legislation – Does It Work in the UK? Sebagai bentuk keresahan yang dialaminya selbih dari dua dekade perjuangan untuk terus memantau berbagai kasus diskriminasi terhadap difabel, membuat rekomendasi-rekomendasi tentang bagaimana undang-undang bisa diadopsi dan diaplikasikan untuk membawa perubahan.

Bersamaan dengan kampanye untuk perubahan yang berkaitan dengan diskriminasi terhadap difabel, Steve mengatakan bahwa dia menginginkan hari khusus dalam kalender untuk pengguna kursi roda. Hak yang sama dan akses yang baik bagi difabel adalah obsesi Steve. Dan pekerjaan untuk mempromosikan agar dunia menjadi nyaman bagi difabel, terutama pengguna kursi roda, adalah tujuan hidupnya. Sebab itulah Steve mempromosikan adanya hari khusus kursi roda bagi penggunanya. Dipilihlah 1 Maret dengan alasan bahwa itu hari lahir ibunya. Inspirasi komitmen Steve memperjuangkan difabel juga didapat dari ibunya. Steve pernah mengatakan bahwa ibunya lah yang membantu Steve melihat bahwa menjadi difabel bukanlah halangan untuk memiliki kehidupan yang indah.

Upaya Steve mempromosikan hari kursi roda internasional tampak berhasil dan mendapat perhatian. Kampanye peringatan hari kursi roda yang dibuatnya juga telah dilaksanakan di Australia, Nepal, Senegal, Afrika Selatan, Bangladesh, Pakistan, Inggris, dan Amerika Serikat selama bertahun-tahun.

Dan 1 Maret yang lalu adalah peringatan ke-11.

Selamat Hari Kursi Roda Internasional. Wujudkan dunia menjadi tempat yang indah bagi difabel.