Film Perjuangan Hak Difabel “Crip Camp” Dinominasikan Untuk Oscar

0
482

Penulis: Malik

Newsdifabel.com — Sebuah film dokumenter tentang munculnya gerakan hak-hak difabel yang diproduksi oleh Barack Obama dan Michelle Obama akan mendapatkan Academy Award.

Crip Camp: A Disability Revolution” masuk dalam nominasi film dokumenter terbaik. Film itu bercerita tentang sekelompok remaja difabel yang mengikuti perkemahan musim panas di Woodstock New York dengan latar tahun 1971. Dari perkumpulan itulah kemudian mereka berkeinginan mewujudkan perlindungan hak sipil bagi difabel.

Dalam ceritanya, mereka akhirnya menggelar prites yang mengarah pada pengesahan undang-undang perlindungan difabel Amerika.

Crip Camp“, yang ditayangkan perdana di Netflix Maret lalu, adalah film yang diambil dalam sebuah perkemahan. Film dokumenter ini diproduksi oleh perusahaan produksi Obama, Higher Ground, dimana produser eksekutifnya adalah Barack dan Michelle Obama.

Obama mengatakan bahwa dirinya dan Michelle menciptakan Higher Ground Production dengan memanfaatkan kekuatan mendongeng, karena itu hal terbaik yang bisa dilakukan untuk mengatakan maksud kita agar mudah dipahami. Menyinggung masalah ras dan kelas, demokrasi dan hak-hak sipil, dan banyak lagi, kami percaya setiap konten produksi cerita tidak hanya menghibur, tetapi akan mendidik, membangun hubungan antar isu, dan menginspirasi banyak orang.

Film tersebut sangat menginspirasi dan memotivasi banyak orang tentang bagaimana komunitas difabel terbentuk. Itu mengajarkan kita semua dalam menggambarkan sebuah agar yang tak terlihat memiliki keberanian berjuang, dan menunjukkan betapa pentingnya keberadaan setiap orang meskipun dia difabel.

Sebelumnya, film dokumenter “Crip Camp” telah memenangkan penghargaan film dokumenter di ajang Festival Film Sundance 2020.

Dilansir dari Oscars.org, penghargaan Academy Awards ke-93 diselenggarakan di dua tempat, Union Station Los Angeles dan Dolby Theatre, Hollywood pada Senin, 25 April 2021. Mereka akan memberikan 23 penghargaan yang dibagi dalam 23 kriteria.

Pada kriteria dokumenter, “Crip Camp” akan bersaing dengan film Collective (Alexander Nanau, Bianca Oana), The Mole Agent (Maite Alberdi, Marcela Santibáñez), My Octopus Teacher (Pippa Ehrlich, James Reed, Craig Foster), dan Time (Garrett Bradley, Lauren Domino, Kellen Quinn).