Festival Vokasi Disable Enterprise

0
191

Oleh: Siti Latipah

[Bandung, 5 April 2019] Sulitnya lapangan kerja bagi penyandang difabel mendorong Disable Enterprise mengadakan Festival Vokasi untuk teman-teman difabel. Acara ini diadakan di 10 kota: Surabaya, Malang, Solo, Jogja, Kebumen, Semarang, Cirebon, Bekasi, Jakarta, dan Bandung. Di kota kembang sendiri, Festival Vokasi diadakan pada Kamis, 28 Maret minggu kemarin. Sekitar 150 sampai 200 orang difabel hadir dalam acara tersebut. Mereka terdiri dari difabel netra, rungu, dan daksa. Mereka antusias datang ke tempat acara, di auditorium Balai Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas Sensorik Netra (BRSPDSN) Wyata Guna, Jl. Pajajaran No. 52 Bandung.

Keterampilan kebersihan, pijat, cuci mobil, skill komunikasi, pemahaman keuangan, penjualan barang, contac center, dan house keeping adalah keterampilan-keterampilan yang dapat dipilih untuk diikuti.

Niki, dari Disable Enterprise yang berhasil kami temui mengatakan bahwa, acara ini terselenggara berkat keinginan Disable Enterprise membuka lahan pekerjaan yang dapat dengan mudah diakses oleh teman-teman penyandang difabel. Lebih lanjut Niki dan Disable Enterprise berharap, adanya Festival Vokasi ini dapat menciptakan lapangan kerja bagi penyandang difabel yang sesuai dengan bakat, minat, dan keterampilan teman-teman penyandang difabel itu sendiri.

Ditemui di tempat yang sama (Auditorium BRSPDSN Wyata Guna), Elda, peserta Festival Vokasi menuturkan bahwa dirinya senang dapat turut serta dalam kegiatan tersebut. Mahasiswa di salah satu perguruan tinggi swasta di kota Bandung itu berharap, acara serupa banyak diadakan untuk meningkatkan keterampilan difabel.