Difabel Mengeluhkan Pelanggaran Hak, Berharap Pada Partai Baru

0
600

Penulis: Ita Yahrun

Newsdifabel.com – Di Afrika Selatan, ada sebuah partai bernama Disability and Older Person Party (Partai Disabilitas dan Orang Tua) yang sudah mendapatkan sertifikat terdaftar dari Independence Election Commission/IEC (Komisi Pemilihan Independen) bulan ini, dan mereka akan ikut serta dalam pemilihan umum.

Dilansir dari Sabcnews.com, kaum difabel dalam wadah partai itu mengatakan bahwa hak-hak mereka telah dilanggar dalam akses pendidikan, perumahan, dan layanan dasar. Mereka ditemui ketika partai tersebut memperingati Hari Hak Asasi Manusia di Hazyview, Mpumalanga.

Tryphina Sithole, seorang difabel netra, mengatakan dirinya sering dilupakan dan diabaikan oleh pemerintah dan masyarakat. “Hak kami dilanggar, karena pemerintah tidak peduli pada kami, pemerintah tidak melakukan apa-apa untuk kami, namun kami memilih untuk berubah,” kata Sithole.

Terlepas dari program hibah sosial dari pemerintah, mereka ingin lebih banyak hal yang harus dilakukan. Seorang warga bernama Sophie Ngomane berkata, “Kami sedang berjuang, saya memiliki tiga anak difabel grahita, ya, hibahnya membantu kami, tetapi saya berharap partai baru ini dapat membantu kami untuk benar-benar merawat secara serius anak-anak kami yang difabel.”

Warga mengaku pemerintah tidak menjalankan kebijakan yang bertujuan untuk meningkatkan taraf hidup difabel, sehingga mereka berharap Partai Disabilitas dan Orang Tua adalah jawabannya.

Presiden Partai Disabilitas dan Orang Tua, Dr. Maesela, mengatakan, “Kami ingin menjadi pengawas dan memantau kebijakan tersebut. Organisasi kami berfokus di daerah pedesaan dimana para lansia (orang tua) tidak dapat mengambil air dari tangki air, sebagian besar jalan tidak dapat diakses oleh orang-orang berkursi roda. Termasuk akses jalan menuju sekolah menyulitkan bagi difabel.”

Setelah resmi terdaftar, dengan percaya diri, partai kaum difabel dan lansia itu menyatakan siap dalam pemilihan pemerintah daerah yang akan datang.