Difabel Asal Musi Banyuasin Lulus CPNS Formasi 2019

0
525

Penulis: Sudarman 

Newsdifabel.com — Bupati Banyuasin H. Askolani Jasi, S.H., M.H memberi ruang bagi para difabel untuk mengabdi sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkup Pemkab Banyuasin. Terbukti, pada peresmian 250 Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kabupaten Banyuasin formasi tahun 2019, empat di antara CPNS tersebut dari formasi difabel.

Keempat CPNS ini adalah, Wijatmikosari Agung Donowarih, dengan pendidikan sarjana pertanian ditugaskan di Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura (DPTHP), M. Alfisyahrin, pendidikan sarjana sistem informasi ditugaskan di Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM), Muhammad Denton Arifin Akbary, pendidikan sarjana sistem informasi ditugaskan di Dinas Perhubungan, dan Aswandi, basis pendidikan sarjana ekonomi akuntansi ditugaskan di Inspektorat.

Peresmian CPNS kali ini berbeda dari sebelumnya yang biasa di Gedung Graha Sedulang Setudung, peresmian 250 CPNS sekarang dipusatkan di lapangan terbuka yakni lapangan upacara Kantor Bupati Banyuasin, Senin (21/1/2021).

Aswandi, salah satu CPNS difabel yang berasal dari Kabupaten Musi Banyuasin mengucapkan syukur atas peresmian dirinya sebagai CPNS. Dirinya mengucapkan rasa terima kasih atas peresmian yang dilakukan oleh Bupati Banyuasin, H. Askolani Jasi, S.H., M.H tersebut.

“Terima kasih kepada bapak Bupati Banyuasin, Askolani Jasi, S.H., M.H yang telah meresmikan saya sebagai CPNS formasi difabel, nanti saya akan bertugas di Inspektorat Banyuasin. Pada intinya saya siap bekerja melaksanakan tugas dengan segenap jiwa,“ ujarnya.

Aswandi menilai Pemkab Banyuasin di bawah kepemimpinan Bapak Bupati H. Askolani Jasi, S.H., M.H memberikan ruang bagi difabel untuk menjadi CPNS. “Ini luar biasa sekali, saya sekali lagi bahagia dan sangat berterimakasih,” ujarnya.

Bupati Banyuasin mengucapkan selamat kepada 250 CPNS Banyuasin yang diresmikan hari ini. “Peresmian kali ini kita lakukan di lapangan terbuka, karena di masa pandemi Covid-19 kita menghindari ruang tertutup yang kemungkinan bisa terjadi penyebaran virus Covid 19, dan udara segar serta sinar matahari pagi tentu lebih menyehatkan.”

“Selain itu filosofi lain dari lapangan terbuka ini, saya berharap CPNS yang baru diresmikan bisa berpikir luas, bisa memiliki inovasi yang lebih baik dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat Kabupaten Banyuasin,” kata Askolani saat memberikan arahan.

Makna lain, bahwa terbangunnya kebersamaan dan tim yang solid di jajaran Pemkab Banyuasin, bisa mewujudkan Banyuasin Bangkit, Adil, Sejahtera.

”Di lapangan ini kita sama-sama beratap langit dan di atas rumput yang hijau, kita sama-sama panas di bawah sinar matahari. Maka bangunlah kerjasama tim yang solid, sehingga semua program pembangunan bisa berjalan dengan baik dan dirasakan manfaatnya oleh masyarakat,” harapnya.

Dijelaskan Bupati, CPNS yang diresmikan hari ini berjumlah 250 orang, empat orang di antaranya adalah difabel. Ini salah satu bukti bahwa Pemkab Banyuasin memberikan ruang kepada seluruh anak bangsa untuk mengabadi menjadi abdi negara dan pelayanan masyarakat termasuk para difabel.

“Anda semua orang terbaik di negeri ini khususnya di Kabupaten Banyuasin, bayangkan dari peserta yang mendaftar CPNS formasi 2019 berjumlah 4.092 orang, lolos administrasi dan lanjut ujian SKB sebanyak 3.928 orang. Yang lolos dan diresmikan 250 orang. Maka bekerjalah dengan baik, penuh tanggung jawab dengan jiwa pengabdian yang tinggi. Karena ini amanah dari Allah yang harus dilaksanakan dengan baik,” tegasnya.

Askolani mengatakan, CPNS Banyuasin formasi 2019 ini angkatan yang hebat dan ASN milenial untuk mewujudkan Banyuasin Bangkit, Adil, dan Sejahtera. “CPNS Banyuasin Formasi 2019 clear tidak ada backing-backing-an, saya jamin itu.” ulasnya.

Untuk menjamin pelaksanaan CPNS yang transparan, akuntabel, efektif, dan efisien maka seleksi CPNS telah terintegrasi, pendaftaran melalui SSCN, tes menggunakan Computer Assisted Test, daerah hanya sebagai pelaksana saja. Untuk hasil telah ditentukan oleh Panselnas. “Siapa yang siap dia yang akan lulus,” tegas Askolani.

Dikatakan Askolani, Pemkab Banyuasin telah all out dalam persiapan rangkaian pelaksanaan tes CPNS 2019. “Meski pada rangkaian pelaksanaan tes SKB beberapa waktu lalu dihadapkan pada pandemi Covid-19, namun Pemkab Banyuasin sangat siap dan protect dalam upaya meminimalisir penularan wabah Covid-19.” terangnya.

Kepala BKPSDM Banyuasin Drs. Edi Haryono melaporkan, ”Formasi CPNS Banyuasin tahun 2019 yang dibuka 252 formasi, tenaga kesehatan 6 formasi, tenaga pendidikan 198 formasi, dan tenaga teknis 48 formasi.“ katanya.

“Pemkab Banyuasin telah menuntaskan rangkaian tes CPNS formasi 2019 dan hari ini resmi dilakukan peresmian bagi 250 orang. Pemkab Banyuasin telah sukses melaksanakan rangkaian tes CPNS dan berjalan dengan mandiri.” ungkap Kepala Badan Kepegawaian & Pengembangan Sumber Daya Manusia, Kabupaten Banyuasin.

Turut hadir dalam acara peresmian yaitu Wakil Bupati Banyuasin H. Slamet Somosentono, S.H, Dandim 0430 Banyuasin, Letkol (Armed) Farid Hidayat, P.Sc., M.Sc, Kapolres Banyuasin, Kajari Banyuasin, Danyon Zikon 12/KJ, Ketua dan Wakil Ketua TP-PKK Banyuasin, Ketua Dharma Wanita Persatuan Banyuasin, dan Kepala OPD terkait.