Dewan Difabel di Ohio AS Memulai Vaksinasi

0
816

Penulis: Barra

Newsdifabel.com — Dengan kondisi gangguan jantung dan perkembangannya, Kelly McCafferty (52), telah memenuhi syarat untuk mendapatkan suntikan vaksin Moderna melalui Dewan Pengembangan Difabel daerah Fairfield Ohio, AS, yang minggu lalu mulai memvaksinasi warga difabel khusus yang memiliki hambatan perkembangan.

Sepuluh bulan sejak lock down, kondisi McCafferty telah memenuhi syarat untuk divaksinasi tahap pertama pada hari Jumat lalu.

Dewan difabel di semua negara bagian ditugaskan mengkoordinasikan vaksin untuk kelompok difabel di negara bagian Ohio yang rentan secara medis. Klinik vaksinasi telah disiapkan oleh rumah sakit anak-anak untuk warga tersebut. Di beberapa wilayah (setingkat kabupaten), departemen kesehatan setempat mengelola vaksin.

Vaksinasi akan dilaksanakan beberapa minggu lagi, tentu ini jadi harapan untuk memulai kehidupan sosialnya yang baru, sekadar bertemu keluarga atau teman-temannya yang lama tak ditemui. “Saya akan pergi keluar!” kata McCafferty pada media lokal.

Sementara, McCafferty masih menyibukkan diri dalam karantina dengan membaca dan menulis.

Departemen Pengembangan Difabel daerah Ohio memberikan daftar warga yang memenuhi syarat untuk datang ke kantor. Dewan Fairfield County (Kabupaten Fairfield) secara individual memanggil setiap orang yang ada dalam daftar, sejauh ini, menurut perwakilan departemen, serapannya sekitar 60%.

John Pekar, pengawas dari dewan difabel Fairfield mengatakan, “Orang dengan gangguan perkembangan tak hanya rentan tertular Covid, tetapi juga memiliki tingkat kematian yang lebih tinggi akibat jika mereka tertular. Sayangnya, kami telah melihat beberapa kematian di daerah Fairfield dalam satu tahun terakhir.”

Kelompok warga yang rentan secara medis, yang memenuhi syarat untuk mendapatkan vaksin telah dipersempit pada awal bulan karena jadwal pasokan vaksin datang lebih lambat dari yang sudah ditentukan.

Menurut Departemen Kesehatan Ohio, hingga 15 Februari 2021, vaksin diprioritaskan untuk penduduk dengan sakit medis bawaan. Daftar kondisi medis di negara bagian ini meliputi: Cerebral palsy, spina figida, penyakit jantung bawaan yang parah, diabetes tipe 1 yang parah (pernah dirawat di rumah sakit tahun lalu), kelainan metabolisme bawaan, kelainan neurologis yang parah, kelainan genetik parah, penyakit paru-paru parah (pernah dirawat di rumah sakit tahun lalu), anemia sel sabit, talasemia alfa dan beta.

Orang yang memiliki salah satu dari kondisi di atas akan memenuhi syarat untuk menerima vaksin pada pertengahan Februari ini. Secara keseluruhan, ada sekitar 70.000 penduduk di bawah 65 tahun yang memenuhi syarat untuk vaksinasi.

Dewan di Fairfield memvaksinasi sekitar 120 orang, kelompok yang memenuhi syarat didefinisikan sebagai dua atau lebih penyandang difabel yang tinggal bersama, termasuk yang tinggal dalam rumah bersama.

Menurut Stephanie Fyffe, Direktur Keperawatan di Departemen Kesehatan Fairfield dalam pernyataannya di Spectrum News (sebuah media lokal Ohio) mengatakan bahwa warga Ohio yang rentan secara medis akan dipantau dengan cermat untuk mengetahui reaksinya.