Barista Kopi

0
245

Oleh: Dera Sofiarani

[Bandung, 13 Juli 2019] Kerjaan sebagai barista kopi saat ini memang menjadi salah satu pekerjaan yang dianggap keren oleh sebagian besar anak muda di Indonesia. Barista kopi adalah seseorang yang tugasnya meracik kopi atau lebih tepatnya pembuat minuman kopi dengan takaran yang pas dan menggunakan mesin modern untuk disajikan kepada konsumen.

Tidak terkecuali minat untuk menjadi seorang barista bagi para penyandang difabel netra (low vision) bekerjasama langsung dengan Siloam for The Blind, Korea, dengan yayasan Wyataguna Bandung mengadakan pelatihan barista kopi untuk beberapa penyandang difabel netra (low vision) yang telah lolos seleksi. Pelatihan Barista Kopi ini dilaksanakan kurang lebih selama empat bulan, dengan instruktur yang berpengalaman di dunia barista kopi.

Salah satu tugas yang harus dikerjakan oleh para siswa barista adalah mengajarkan bagaimana cara membuat kopi bagi teman-teman difabel netra yang lain dan yang berminat.
Saya dan teman saya yang bernama Pandu adalah salah satu peserta yang berminat untuk mengikuti bagaimana rasanya membuat kopi yang benar dengan menggunakan mesin modern. Pandu mengikuti pelatihan di hari pertama, dan saya mengikuti peltihan di hari kedua.

Antusias kami berdua sangat besar, dan mengikuti pelatihan ini adalah pengalaman pertama untuk saya, dimana saya memang sangat menyukai kopi dan berkesempatan untuk membuat kopi secara langsung, ibarat barista professional. Tentunya pengalaman ini akan senantiasa terkenang di hati saya karena untuk membuat racikan kopi yang benar tidak semudah yang saya bayangkan sebelumnya.