Atlet Judo Difabel Netra itu Bernama Wirya

0
383

Penulis: Agus Maja

Newsdifabel.com — Wirya Darma adalah seorang atlet judo NPCI Kota Bandung. Pekerjaan utama Wirya adalah terapis difabel netra. Wirya mengungkap alasan memilih cabor judo karena unik, sebab judo termasuk olahraga bela diri yang jika tak dikuasai dengan baik maka akan fatal.

Dulu, ia mencari tahu tentang cabor ini di NPCI Kota Bandung. Awal cabor ini dipertandingkan pada tahun 2016, pada saat itu Jawa Barat sebagai tuan rumah Peparnas, dan Wirya mendapatkan medali emas yang diikuti atlet difabel dari tujuh provinsi. Penghargaan pemerintah terhadap atlet judo cukup baik, tidak ada perbedaan dengan atlet umum.

Cara berlatih teknik bela diri tentu memakai perasaan dan ini menjadi tantangan tersendiri bagi atlet dan seorang pelatih, apalagi yang dibina adalah atlet totally blind.

Selama ini, hubungan atlet dan pelatih sudah sangat terbangun sehingga para atlet judo NPCI Kota Bandung berprestasi. Meski judo adalah olahraga keras, namun Wirya didukung penuh oleh keluarga. “Sempat pada awalnya pihak keluarga sempat khawatir. Namun setelah menjalani ternyata biasa-biasa saja”, kata Wirya

Untuk persipan Peparnas 2021, target Wirya ingin mempertahankan medali emas yang pernah diraih meski sempat gagal di ajang international.