Aplikasi Pendeteksi Nilai Uang

0
226

Oleh: Rido

[Bandung, 25 Oktober 2020] Uang adalah alat tukar yang lazim digunakan manusia di zaman modern. Dengan uang, kita dapat memperoleh berbagai macam barang dan jasa yang dibutuhkan dalam kehidupan ini. Adanya uang juga membuat kita bisa pergi kemana saja dan kapan saja bila kita menghendaki. Banyak uang sudah barang tentu menyebabkan si pemiliknya merasa senang. Akan tetapi, banyaknya uang bisa jadi masalah besar bagi si empunya bila ia sama sekali tidak dapat melihat dan mengetahui pecahan uang berapa saja yang dimilikinya. Kenapa bisa begitu?

Adakah di antara kita yang pernah dimintai tolong memberitahu nilai selembar uang oleh seorang difabel netra? Atau cuma diminta melihatkan warna pakaian yang saat itu sedang dikenakan? Nah, itu adalah problem klasik difabel netra di masa lalu, dimana gadget dan teknologi yang disematkan di dalamnya belum secanggih saat ini. Waktu itu, seorang difabel netra benar-benar mengalami masalah untuk sekedar mengetahui ada pecahan uang berapa saja di dalam dompetnya, apalagi bila posisinya sedang di tengah perjalanan dan dia lupa untuk memilahnya lebih dulu sebelum pergi dari tempat tinggal.

Solusi paling ampuh yang dilakukan dalam kondisi seperti itu adalah dengan meminta pertolongan pada orang yang mungkin dijumpai dan dapat dipercaya untuk melihat lembaran uang miliknya, walaupun itu sangat berisiko jika kebetulan bertemu dengan oknum tidak bertanggungjawab dan tidak jujur.

Satu keyakinan yang membuat mereka tetap ikhlas menghadapi apapun kemungkinan yang bisa saja menimpa adalah bahwa Tuhan akan bersama orang yang selalu bersabar dan rida dalam menjalani seluruh ketetapan-Nya. Walaupun demikian, kalangan difabel netra senantiasa berharap dan memimpikan adanya sebuah alat yang lahir dari canggihnya teknologi suatu hari nanti agar bisa meminimalisir ketergantungan terhadap pihak non difabel.

Sekian lama menanti, harapan dan impian pun akhirnya menjadi kenyataan Sejalan dengan makin pesatnya kemajuan teknologi dan ilmu pengetahuan, perkembangan teknologi demi menunjang kemandirian difabel netra juga makin ditingkatkan. Keuntungannya sekarang seorang difabel netra tidak lagi mengalami keluhan berarti apabila ingin mengetahui pecahan uang berapapun yang ada dalam dompetnya. Mereka dapat dengan mudah melakukannya tanpa bantuan dari orang awas kapan dan dimana saja.

Sejumlah pengembang telah mengakomodir kebutuhan difabel netra akan adanya teknologi yang dapat diterapkan ke dalam satu piranti agar mereka menjadi lebih mandiri dalam menjalani kehidupan. Hasilnya, saat ini sudah ada beberapa aplikasi pemindai yang dirilis untuk memperlancar aktivitasnya dan langsung bisa diunduh lewat gawai masing-masing. Salah satu aplikasi pemindai yang dibuat untuk difabel netra adalah aplikasi pemindai uang. Aplikasi pemindai uang merupakan perangkat lunak yang bisa dipasangkan sendiri oleh si pengguna pada telepon pintarnya.

Fungsi perangkat ini adalah sebagai media pembantu bagi orang dengan disabilitas netra (utamanya totaly blind) untuk mengenal sebuah objek berupa uang yang memerlukan proses visualisasi kemudian memberitahukannya kepada pengguna difabel netra. Kini, aplikasi dengan spesialisasi seperti itu telah tersedia di toko aplikasi pada tiap smartphone sesuai dengan sistem operasi yang digunakan, baik Android maupun iOS.

Dari sekian aplikasi pemindai uang yang tersedia, satu di antaranya bernama cash reader. Cash reader adalah piranti yang bertugas sebagai pembaca uang yang sangat berguna bagi difabel netra. Aplikasi ini tentu saja aksesibel dioperasikan oleh para pengguna difabel netra. Lalu, bagaimana caranya?

Jika satu saat pengguna difabel netra ingin mengetahui pecahan uang berapa yang ada di tangannya, ia tinggal mengaktifkan telepon genggam dan membuka aplikasi dimaksud, kemudian letakkan selembar uang di depan kamera handphone, maka mesin pembaca layar yang terintegrasi dengan cash reader akan segera membacakan nilai pecahan uang beserta jenis mata uangnya. Simpel, bukan?

Cash reader tergolong software yang cukup akurat untuk urusan mengenali nominal sebuah mata uang dibandingkan dengan aplikasi sejenis. Selain itu, kelebihan lain dari cash reader ini bisa digunakan dalam kondisi luring kalau sewaktu-waktu diperlukan. Hal itu dimungkinkan karena setelah cash reader mengunduh satu data mata uang, aplikasi ini tidak memerlukan koneksi internet untuk membaca ulang pecahan uang yang sama di waktu berbeda. Jadi, aplikasi ini menggunakan sistem database yang berfungsi menyimpan data yang telah diunduh agar bisa diproses kembali di kemudian hari oleh pengguna dengan cepat dan mudah.

Perangkat lunak besutan Martin Doudera ini dapat membaca bermacam jenis mata uang seperti rupiah, ringgit, dolar Singapura, dolar Amerika, poundsterling, rupee India, peso, dan lain-lain. Aplikasi yang dirilis pada 26 Februari 2019 ini juga

support dengan berbagai bahasa negara di dunia. Cash reader dapat diperoleh dengan membelinya di Play Store dan AppStore.

Unduh Cash Reader