Aplikasi Catur Chess Back untuk Difabel Netra

0
686

Penulis: Siti Latipah

Newsdifabel.com — Ingin main catur tapi enggak ada teman untuk dijadikan lawan? Atau ada teman tapi mereka enggak bisa main catur. Hello, ini 2021, jangan bersedih hati. Yuk, langsung jalan-jalan ke play store. Para pengguna Android pasti sudah akrab banget sama toko aplikasi yang ada di smartphone-nya, kan? Cus, buka play store anda, temukan dan lalu unduh aplikasi gim catur Chess Back.

Kenapa harus Chess Back, sih? Sini, sini, aku bisikin, deh. Chess Back adalah salah satu aplikasi gim catur yang aksesibel. Seluruh menu yang ada di aplikasi gim catur ini dapat dibaca oleh screen reader (pembaca layar) teman-teman difabel netra para pengguna Android.

“Saya pernah nyoba aplikasi gim catur sebelum Chess Back. Tapi enggak enakeun. Ribet. Terus ada beberapa menu yang cuma dibaca tak berlabel. Kan, bingung. Apa itu? Nah, saya diberi tahu sama temen, ada aplikasi gim catur yang aksesibel banget buat disabilitas netra. Ya, Chess Back ini. Eh, pas dicobain, bener. Enak. Semua menunya dibacain screen reader. Maennya simpel. Enggak ribet. Kita juga bisa maen online.” kata Irvan. Seorang difabel netra pengguna Chess Back.

Irvan menjelaskan bahwa, setelah diunduh, aplikasi ini sudah dapat langsung dimainkan. Akan tetapi, jika ingin bermain daring, pengguna harus registrasi terlebih dahulu.

“Registrasinya juga gampang. Tinggal bikin user aja. Paling diminta masukin alamat email, kata sandi, nanti ada verifikasi ke alamat email untuk aktivasi. Beres. Kalau maen offline, kita nggak perlu registrasi. Udah langsung bisa maen. Nah, caranya: masuk ke aplikasi Chess Back, terus pilih play. Udah gitu, si papan caturnya udah muncul, siap untuk dimainkan. Kalau belum diatur, kita pegang bidak warna putih. Tapi, kita bisa ubah, misal pingin pegang hitam. Kita tinggal masuk saja ke menu new yang letaknya ada di bawah. Navigasi untuk mencari new, bisa dengan digeser ke kanan sampai nemu new, atau letakkan jari di pojok kiri bawah layar HP kita. Nanti ada screen reader bilang ‘new‘. Masuk ke new. Di dalam new, kita bisa atur perminan sesuai yang kita inginkan. Misal, waktu bermain, terus kita bisa atur juga untuk main berdua dengan teman, kalau kita mau main sama teman tapi enggak ada papan catur. Terus kita juga bisa maen offline sama sistem, artinya langsung maen dengan lawan virtual. Di new ini juga kita bisa tentuin kita mau pegang putih, atau item. Kalau semua udah ditur sesuai keinginan kita, geser ke kanan, cari OK button. Tap di situ, dan kita akan kembali di tampilan papan catur dan siap bermain,” tutur Irvan panjang lebar.

“Untuk cara maennya, bisa sistem geser, bisa sistem sentuh. Kalau geser, kan, lama. Harus nyari bidak catur yang mau dipindah dan nyari kotak dimana bidak itu mau diletakkan. Kalau disentuh, kita tinggal meletakkan jari kita di tengah layar dan mencari dengan cara menggerakan jari kita ke kanan, kiri, atas, bawah, untuk mencari bidak catur yang akan digerakkan. Setelah bidak catur yang akan dipindahkan ketemu, tap dua kali untuk menandai. Udah gitu, cari kotaknya dengan cara yang sama. Setelah ketemu tempat atau kotaknya, tap dua kali untuk menyimpan di kotak itu. Nah, pas kita nyari bidak-bidak catur, screen reader akan membacakan warna bidak catur, nama-nama bidak catur, dan letaknya (misal: white queen, D1, black knight, E6). Nah, kalau cari tempatnya, yang disebutin cuma nama notasi tempatnya aja (A1-A8, dan seterusnya). Udah gitu tinggal maen aja sampai skak mat.” Irvan melanjutkan penjelasannya.

Aplikasi gim catur ini semoga menjadi referensi baik untuk teman-teman difabel netra yang sedang mencari aplikasi gim catur aksesibel. Teman-teman nondifabel netra juga sudah tentu bisa menikmati gim catur ini.