Webinar Edukasi Pernikahan untuk Difabel

0
432

Penulis: Delia 

Newsdifabel.com — Kegiatan mencari ilmu dari orang-orang yang ahli di bidangnya akan terus diadakan. Berhubung dunia dilanda pandemi maka banyak kegiatan-kegiatan dilakukan secara daring, mendatangkan narasumber ahli dan mempertemukannya dengan banyak peserta. Dulu biasa kita sebut seminar kini di webinar.

Webinar kali ini datang dari pulau Sumatera (19/12), diadakan secara daring oleh Yayasan Mitra Mandiri melalui aplikasi zoom. Webinar mengambil tema “Tunanetra Menikah, Kenapa Tidak?” ini berhasil mengumpulkan peserta sebanyak 150 orang difabel netra dari seluruh Indonesia, namun karena hambatan teknis membuat lebih dari 50 orang tidak dapat hadir.

Dengan menghadirkan narasumber yang kompeten antara lain Presti Murni Setiati, S. Pd. I dan Anton Wibisono, M. H. I, membahas dinamika pernikahan difabel netra, Albanyu Brebahana, M. Psi, Psikolog, membahas psikologi pernikahan difabel netra diharapkan mampu meningkatkan kepercayaan diri membangun bahtera rumah tangga.

Yayasan yang sudah berdiri dua tahun ini memiliki misi mengedukasi serta memberi pemahaman kepada semua orang terkhusus teman-teman difabel netra mengenai pentingnya membangun pernikahan, dan sekaligus memperingati hari disabilitas internasional.

Salah seorang peserta webinar bernama Undang Permana dari Kabupaten Bandung ini bercerita tertarik ikut karena memiliki target menikah di tahun 2021. Dari webinar ini Undang banyak mendapatkan ilmu dan pengalaman dari narasumber seputar pernikahan, bahwasanya secara psikologi setiap orang harus memahami perasaan yang dimiliki pasangannya demi menjaga keharmonisan rumah tangga.

Yayasan Netra Mandiri yang berlokasi di Jalan Sukabangun II Kel. Sukajaya, Kec. Sukarami, Kota Palembang ini cukup banyak melakukan kegiatan baik pelatihan, lomba, serta berfungsi sebagai lembaga yang menaungi teman-teman difabel netra yang ada di Palembang. Bahkan yayasan ini tidak hanya bergerak untuk difabel netra tetapi juga bergerak untuk masyarakat umum.

Riki Adiputra sebagai ketua pelaksana kegiatan berharap dengan melakukan kegiatan webinar ini dapat menambah wawasan serta mengedukasi semua orang khususnya teman-teman difabel netra dalam hal perkawinan.